CERPEN ADA APA DENGAN KUNCI MOTORKU

Pukul menunjukan 06:35 pagi hari yang cerah, hana siap-siap akan berangkat ke sekolah MAN 2 Pekalongan dengan mengendarai sepe88hyda motor .sesampai dipintu gerbang depan Hana menuju keparkiran sepeda motor   dan parkiran sepeda motor sendiri tempatnya disebelah kanannya mushola dan sepeda motor ditaruh diparkiran itu paling pojok dan letaknya paling ujung timur. Setelah menaruh motornya hana terburu-buru sambil berlari masuk kelas X-10, saat itu ruang kelas X-10 pindah diruangan kelas XII Agama yang letaknya disebelah timur Tower atau gedung yang menghadap kebarat paling ujung pojok. Kebetulan kelasnya jauh dari Parkiran motor. Setelah masuk kelas Hana langsung mengeluarkan Tugas kimia dari tasnya lalu duduk dibangku nomer 2 dari depan dideretan barat. Tak lama kemudian Hana memanggil Atun. “Tun, bawa sini tugasmu” Tanya Hana dengan tegas. “iya Han” Jawab Atun dengan ramah. “makasih ya. Tun” Tanya Hana sedang menulis. Tak ingat saat mengerjakan tugas kimia bahwa kunci motor Hana ditaruh diatas meja lalu dipangku dirok. Setelah berdiri dari tempat duduknya kunci motorjatuh kelantai , saat itu Isa sedang menyapu lantai dibarisan tempat duduk Hana. Isa menyapu lantai yang kotorkebetulan kontaknya tersapu bersama sampah kertas dan sampah plastik. Setelah menyapu lantai akhirnya Hana bertanya sama Isa.

“Is kamu ngeliat nggak kunci motor tadi disini (menunjukan tangan Hana ke atas meja), tak taruh diatas meja. Tanya Hana dengan ramah.”nggak ngelihat apa-apa negelihatnya Cuma sampah plasti dan kertas doang kok??” Jawab Isa dengan cuek. “Ah gak mungkin,pasti ada tadi yang menyapu kamu!! Jadi kalau menyapu itu lihat-lihat dong!! Teliti dong ada barang yang penting seperti kontak dan sebagainya gak??” Tanya Hana dengan marah. “Bodoh amat gue gak peduli pokoknya kalau sudah disapu semuanya sampah gitu, ngerti nggak” Jawab Isa dengan marah. “ih punya teman seperti loe susah,nyebelin, tau gak loe ditanya halus-halus jawabnya kasar, loe terlalu egois??” Tanya Hana ucapan marah. “ihh, gue gak peduli terserah gue?? Jawab Isa dengan cuek.

Pukul 07:30 pagi pak Ery baru datang masuk kelas X-10 untuk mengajar pelajaran Biologi, saat pelajaran dimulai Hana merasa panik, pikiranpun terbayang-bayang ,gak tenang , konsentrasi tak ada. Akhirnya Hana bengong dan tak mau mendengarkan pelajaran yang sudah dimulai, setelah pelajaran Biologi selesai dilanjut jam pelajaran ke tiga dan keempat yaitu Pkn.

Saatnya istirahat tiba jam 10:00 pagi, Hana dan Atun tidak kekantin dulu langsung mencari saudara sepupu yang bernama Kak Riki ada di Labolatarium Otomotif yang letaknya disebelah utara Lapangan Bola Voly gedung yang menghadap ke timur. Disana ketemu teman-teman saudara sepupu kebetulan Hana sudah ada yang mengenal lalu menyapa dan bertanya.

“permisi, kak Dul ngelihat Kak Riki nggak??” Tanya Hana dengan senyuman manis.

“lihat???, Emm ??tadi disini kalau sekarang ya dikantin dek??” Jawab Kak Dul dengan bingung.

“Ya, makasih Kakak?? “ Tanya Hana dengan ucapan senyuman.

Setelah bertanya sama Kak Dul, Hana dan Atun langsung menuju salah satu kantin MAN 2 Pekalongan yang letaknya dibelakang kelas dulunya kelas X-1 sampai X-7 kalau sekarang kelasnya   X- MIA dan X-IIS, lebih tepatnya dibelakang kelas X-3. Kantin yang menghadap ke Utara berjualan Nasi telur,Es teh,Es tea juss dan lain-lain. Pemilik kantin yang biasa dipanggil sama siswa MAN 2 Pekalongan adalah “Mak Nyak”.

Hana akhirnya ketemu juga sama saudaranya. “kak Riki kunci motor Hana hilang!” Tanya Hana dengan suara membisik. “ (kaget), kok bisa hilang (makan nasi), hilangnya dimana??” Jawab Kak Riki dengan kaget. “dikelas, nanti aja tak ceritakan, pokoknya kalau pulang Hana ditunggu jangan pulang dulu, pless?” Tanya Hana dengan ucapan tergesa-gesa dan gugup akan masuk kelas karena bel sudah berbunyi Memasuki jam ke lima sampai ke delapan.

mereka langsung masuk kekelas X-10, setelah sampai di kelas kebetulan pak guru sudah datang terlebih dahulu, lalu Hana membuka buku aqidah akhlak dan mendengarkan isi materi yang disampaikan oleh pak guru namanya Pak Abdul. Setelah selesai semua pelajaran siap-siap berkemas ,berdo’a bersama teman kelasnya dan pulang kerumah masing-masing. Saat ada pengumuman pertama diumumkan oleh bapak guru ”ditemukan kunci sepeda motor merek Honda dan yamaha”. Hana akhirnya keluar kelas langsung menuju ke ruang waka yang letaknya didepan kantor guru yang menghadap ke barat atau sebelah kiri ruang Tata Usaha, ternyata bukan milik Hana tapi orang lain. Pengumuman kedua sama tetapi tidak disebutkan kontak merek apa, kebetulan dihari itu ada tiga anak yang kehilangan kontak motor termasuk hana. ketika Hana kembali masuk kekelas X-10 dan langsung mencari kontak disemua laci-laci meja, ternyata didalam laci meja ada sama sekali. Lalu keluar kelas ketika mencari di tong sampah, yang baunya busuk sekali sehingga menyengat dihidung dan bau busuk sampah menyebar keruang kelas sebelah yaitu X-9 dan baunya itu sampai ditower yang letaknya dikelas X-10 .hampir Hana akan muntah. Untungnya saja tidak ada seorang satu pun. Kecuali Hana dan Atun. Ternyata ditong sampah gak ada. Akhirnya Hana akan mengajak Atun ke Labolatarium Otomotif. Begitu sulitnya mengajak teman yang sedang kesusahan akhirnya Hana dan Atun bertengkar disalah satu gedung labolatarium Tata Busana yang letaknya diantara sebelah utara Lapangan sepak bola atau gedung yang menghadap kebarat . “Han, Atun akan pulang”.Kata Atun. “Tun tolong sih, bantuin Hana cari Kak Riki” Tanya Hana dengan baik. “Ah gak ah, gue mau pulang karena ada urusan penting?” Jawab Atun dengan membangkang. “loe!!! gak usah egois memikirkan diri sendiri, kasihan dong!! Susah mencarinya gak mudah,sulit, bayangkan saja loe kalau seperti Hana gimana perasaan loe, tau nggak?” Tanya Hana dengan marah. Ketika dirinya Atun dimarahin Hana, Atun merasa egois dan malu menjawab “iya Han, maafkan Atun, Han?”. Sesampai dilabolatarium Otomotif yang letaknya disebelah utara lapangan Bola Voly atau gedung yang menghadap ketimur. Hana langsung masuk pintu kebetulan pintunya dibuka.

Dan Atun menunggu diluar pintu masuk. Diruangan labolatarium otomotif sepi tak ada gurunya hanya ada dua orang siswa laki-laki yang Hana tak dikenal sama sekali, Hana hanya menyspa dan bertanya.

 

“Kak, ngelihat Kak Riki nggak??” Tanya Hana dengan senyuman.

Kedua siswa laki-laki itu merasa bingung dan panik untuk menjawab.

“Emm??,(malah ngobrol sendiri sama temannya), Emm??Riki ada dimushola Dek” Jawab Kakak.

“Bisakah, Kak tolong panggilkan Kak Riki pless?” Tanya Hana dengan suara bijak.

“Bisa, Tungguin disini (dilabolatarium Otomotif) ya, sebentar gak lama” Jawab Kakak.

“iya Kak” Tanya Hana dengan senyum.

Tak lama kemudian Kakak langsung menuju kemushola yang letaknya di sebelah kiri parkiran sepeda motor yang menghadap ketimur. Dan mencari dimushola ternyata sedang sholat, begitu nunggunya gak lama akhirnya Kakak datang juga ke labolatarium otomotif.

“Dek, Kak Riki dimushola katanya akan ditunggu diparkiran” Jawab Kakak dengan ucapan baik.

“makasih banyak Kakak, udah membantu kami” Tanya Hana dengan senyuman

“iya sama-sama” Jawab Kakak.

Akhirnya Hana dan Atun menuju keparkiran motor dan bertemu Kak Riki.dan motor Hana akhirnya didorong pakai motornya Kak Riki dari parkiran motor MAN 2 Pekalongan sampai kerumah   Hana Yang jaraknya dari MAN 2 Pekalongan 6KM.

Hana merasa senang walaupun sedih, karena kontaknya hilang untung saja ada saudara sepupu yang masih ada walaupun sedang Ujian Praktek Otomotif untuk sertifikat kelulusan. Jadi kalau menaruh kontak motor jangan sembarang ditaruh ditempat-tempat gunakanlah sebaik mungkin untuk menaruh kontak asalkan saja ditaruhnyaman dan tertib.

Iklan

Tentang mulyana2123

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin walisongo Semarang
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s